15 Trik Mudah Traveling Murah dan Hemat yang Perlu Kamu Coba

15 Trik Mudah Traveling Murah dan Hemat yang Perlu Kamu Coba

15 Trik Mudah Traveling Murah dan Hemat yang Perlu Kamu Coba15 Trik Mudah Traveling Murah dan Hemat yang Perlu Kamu Coba

Kapan terakhir kali liburan, Moneysavers? Berlibur atau traveling saat ini sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting, tak kalah penting dari kebutuhan lain seperti berinternet ria, membeli pakaian yang fashionable, dan lain-lain. Secara psikologis, bepergian ke tempat baru, mengalami hal-hal baru, bisa berimbas positif bagi perkembangan jiwa. Nah, liburan ke sebuah tempat bisa jadi cara efektif untuk menyeimbangkan psikologis yang mulai penat.

Namun, untuk pergi liburan ke tempat yang menarik tentu saja tidak gratis. Ada pengeluaran-pengeluaran yang perlu kamu lakukan. Mulai biaya transportasi seperti tiket pesawat, tiket bus, ataupun biaya bahan bakar minyak (BBM) bila kamu menempuh perjalanan darat.

Juga ada pengeluaran untuk biaya akomodasi atau penginapan selama di tempat liburan. Belum lagi biaya makan dan minum dan berjalan-jalan ke berbagai sudut tempat liburan. Tidak jarang, pulang dari acara berlibur, orang justru pusing karena kehabisan uang.

Sebenarnya, acara berlibur tidak perlu mahal. Ada banyak cara mudah menekan berbagai biaya supaya kamu bisa menjalankan agenda traveling murah ke berbagai tempat. Simak 15 trik traveling murah dan hemat yang bisa membantu kamu liburan dengan asyik:

1. Rencanakan jauh-jauh hari

Merencanakan acara liburan jauh-jauh hari akan sangat membantu kamu mendapatkan traveling murah. Beli tiket perjalanan jauh-jauh hari terutama saat tengah digelar promo. Beberapa maskapai penerbangan sering menggelar promo tiket murah meriah untuk rencana perjalanan setahun mendatang.

2. Berlibur saat low seasons

Pergilah liburan ketika orang-orang tengah sibuk bekerja. Traveling murah bisa kamu wujudkan bila kamu pergi berlibur di luar musim liburan. Harga tiket pesawat dan tarif penginapan akan lebih murah saat low-seasons. Maskapai penerbangan dan hotel juga biasanya rajin memberikan promo di luar musim liburan. Agar bisa pergi di luar musim liburan, mau tidak mau kamu perlu menyisihkan hari khusus untuk berlibur dengan cuti.

Selain lebih ramah budget, kamu juga bisa menikmati liburan lebih tenang karena pergi di tengah low seasons sehingga tempat wisata kemungkinan tidak seramai biasanya.

3. Beli tiket dengan strategi jitu

Mencari tiket pesawat dengan harga terbaik untuk mendapatkan traveling murah, tidak cukup hanya dengan mengandalkan penawaran promo dari maskapai atau online travel agent. Ketika kamu tengah meriset penawaran tiket melalui surfing di internet, pastikan kamu mengaktifkan mode incognito atau mode private. Website punya cara ampuh merekam jejak harga pembelian tiket yang pernah kamu lakukan. Jadi, dengan menyetel mode privat, kamu berpeluang lebih besar mendapatkan harga lebih murah.

Gunakan situs perbandingan harga untuk pembelian tiket dan penginapan untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

4. Menginap di homestay, bukan di hotel

Salah satu pos yang menyedot banyak anggaran selain tiket pesawat adalah pos akomodasi penginapan. Bila ingin traveling murah dan hemat, lebih baik kamu memilih menginap di homestay yang banyak ditawarkan di AirBnB ketimbang menginap di hotel.

Menginap di homestay juga akan jauh lebih ekonomi bila kamu berlibur dengan rombongan keluarga yang membutuhkan kamar lebih dari satu.

5. Ikuti open trip

Kamu bisa menekan biaya traveling menjadi lebih hemat dengan mengikuti open trip. Open trip merupakan perjalanan ke destinasi wisata tertentu yang dibuka untuk umum dengan prinsip sharing cost. Open trip memungkinkan kamu pergi dengan biaya lebih irit terutama untuk ongkos transportasi dan penginapan.

 

6. Datangi destinasi wisata yang baru dibuka

Wahana atau tempat wisata yang baru dibangun atau baru didirikan bisa menjadi tempat wisata hemat alternatif bagi Anda. Karena biasanya tempat wisata yang baru dibuka akan selalu menyediakan promo yang super murah. Berbeda hal-nya dengan tempat wisata yang sudah terkenal. Biasanya mereka selalu menaikkan harga tiketnya ketika liburan berlangsung atau sudah memberikan harga normal.

7. Hindari belanja di tourist spot

Bila hendak berbelanja di destinasi wisata, hindari membeli di pusat cinderamata atau tourist spot. Karena, harga barang-barang yang ditawarkan di sana kebanyakan pasti mahal. Kamu bisa mencoba mencari cinderamata di destinasi wisata di tempat lain yang tidak didedikasikan khusus untuk para turis.

8. Berlakulah seperti orang lokal

Ketika berlibur, manfaatkan kesempatan itu untuk mendapatkan pengalaman paling otentik di tempat asing. Ketimbang berkutat di hotel dan makan di restoran mewah, akan lebih menyenangkan bila kamu menyelami kehidupan di sana dengan menginap di perumahan setempat dan makan di tempat masyarakat sekitar biasa makan.

9. Manfaatkan pemakaian kartu kredit

Kartu kredit bisa membantu kamu mendapatkan banyak penawaran menarik untuk transaksi terkait traveling. Mulai dari promo tiket, airmiles, tarif penginapan, sampai transaksi belanja biasa di supermarket setempat.

Pilih kartu kredit dengan penawaran promo travel paling menarik. Juga, pastikan juga penawaran rate atau kurs mata uang bersaing.

10. Optimalkan transportasi publik

Untuk menekan biaya selama di tempat liburan, kamu perlu sering-sering mengoptimalkan transportasi publik ketika mengeksplorasi daerah setempat. Selain membantu kamu mendapatkan pengalaman lebih otentik, transportasi publik juga lebih ramah kantong.

Bila di tempat wisata sudah ada layanan on-demand transportation seperti Uber atau Grab, kamu bisa menimbang memanfaatkannya dengan pertimbangan tarif yang lebih bisa diprediksi.

11. Memasak sendiri

Carilah homestay atau penginapan yang menyediakan dapur sendiri agar kamu bisa memasak makanan sendiri tanpa tergantung pada restoran. Memasak sendiri akan jauh lebih hemat dibandingkan membeli makanan jadi di restoran.

12. Optimalkan Wi-Fi

Ini mantra berhemat yang tidak boleh terlupa di era digital yang semakin massif. Manfaatkan pemakaian Wi-Fi gratis di area publik untuk menghemat konsumsi data internet. Tapi, pastikan kamu tidak melakukan transaksi perbankan memakai Wi-Fi publik untuk menghindari malware.

13. Selalu bawa bekal air minum sendiri

Ketika berjalan-jalan mengeksplorasi daerah destinasi wisata, pastikan kamu selalu membawa bekal minum air putih sendiri. Selain mencegah kamu dari dehidrasi, terlebih bila kamu berwisata di tempat tropis yang panas, membawa bekal air minum bisa membantu kamu menekan biaya pembelian air minum dalam kemasan.

14. Manfaatkan kesempatan menjadi pebelanja pribadi

Berlibur ke sebuah tempat yang cukup populer bisa kamu manfaatkan untuk membuka layanan jasa titip beli barang-barang khas di tempat tersebut. Manfaatkan media sosial dan grup whatsup untuk menawarkan jasa titip beli barang-barang unik pada kerabat dan teman-teman kamu.

15. Beli oleh-oleh secukupnya

Membawa oleh-oleh adalah budaya khas orang Indonesia ketika berlibur ke sebuah tempat. Tidak perlu menjadi orang pelit dengan memangkas anggaran oleh-oleh hanya untuk mengejar traveling murah. Kamu tetap perlu menganggarkan pembelian oleh-oleh untuk orang-orang terdekat.

Beli saja souvenir yang murah meriah akan tetapi unik. Riset harganya terlebih dulu dan jangan segan bertanya pada penduduk setempat di mana tempat penjualan souvenir yang murah dan bagus.

SUMBER  :  halomoney.co.id

Tags: , , , , , , , ,

Related posts

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.




Top