Alasan Kenapa Sebaiknya Tersenyum Saat Foto untuk Paspor

Alasan Kenapa Sebaiknya Tersenyum Saat Foto untuk Paspor

Bagi kamu yang ingin membuat paspor, sebaiknya menunjukkan wajah tersenyum daripada wajah datar ketika hendak difoto. Ternyata foto tersenyum di paspor punya manfaat positif lo.

Seperti dilansir dari Time.com, penelitian yang dilakukan University of York menemukan bahwa menunjukkan wajah tersenyum di foto paspor berpotensi mengurangi kecurigaan petugas atas tuduhan penipuan identitas.

Peneliti mempelajari beberapa cara untuk mengidentifikasi orang melalui foto tanda pengenal mereka dan mengetahui apakah tanda pengenal yang mereka berikan asli atau palsu. Penelitian dilakukan dengan cara diberikan tes. Partisipan diminta mencocokkan foto orang dengan ekspresi wajah netral, mirip dengan foto paspor, dan foto orang yang sama saat mereka tersenyum.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa petugas susah mengenali orang ketika ekspresi wajah mereka datar atau netral. Petugas lebih mudah mengenali orang di tanda pengenal ketika mereka tersenyum.

Mudah mengidentifikasi orang

Dr. Mila Mileva dari jurusan psikologi University of York mengungkapkan, “Foto pada kartu identitas adalah bagian penting untuk mengenali seseorang. Penipuan identitas adalah masalah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari sehingga sangat penting menemukan cara terbaik mengidentifikasi orang sehingga bisa menghindari penipuan.”

Itulah mengapa, pihak imigrasi Amerika Serikat menyarankan masyarakat agar sebaiknya tersenyum saat menyerahkan foto identitas, salah satunya foto paspor.

Nah, apakah di Indonesia menerapkan hal serupa?

SUMBERĀ  : liputan6.com

Tags: , , , , , , , ,

Related posts

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.




Top