Cara Perpanjang Paspor Online 2018 Paling Cepat

Cara Perpanjang Paspor Online 2018 Paling Cepat

Paspor merupakan dokumen penting dan wajib dimiliki oleh setiap individu yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Soalnya, paspor menjadi tanda pengenal paling valid dari para turis saat berkunjung di sebuah negara. Membicarakan soal paspor, maka ada banyak hal yang perlu kamu ketahui agar paspor milikmu tetap dapat digunakan di negara yang akan kamu kunjungi.

Salah satu hal penting bersangkutan dengan paspor adalah masa berlaku. Masa berlaku untuk paspor maksimal adalah 5 tahun, baik itu berisi 24 lembar ataupun 48 lembar. Jadi, kamu harus bersiap untuk melakukan perpanjangan paspor milikmu sebelum masa aktifnya berakhir. Perpanjangan ini juga bisa dilakukan 6 bulan sebelum masa habis kok, Sobat Tiket.

Ada dua cara perpanjangan paspor yang bisa dilakukan. Pertama adalah secara manual, yaitu datang ke kantor imigrasi terdekat dengan membawa beberapa persyaratan dan juga mengisi formulir yang disediakan oleh pihak imigrasi.

Sedangkan cara perpanjangan paspor kedua adalah melalui online. Cara perpanjang paspor online adalah cara paling efektif dan tentunya tidak akan memakan waktu lama untuk pendaftaran. Namun perlu kamu ingat, kamu harus tetap datang ke kantor imigrasi untuk melakukan wawancara, foto, serta menyerahkan data dan bukti pembayaran sebelum proses perpanjangan dilakukan.

Mengingat pendaftaran perpanjang paspor online sangat efektif bagi yang tidak memiliki banyak waktu luang di hari kerja, berikut ini adalah cara daftar antrian paspor online yang bisa dilakukan melalui website resmi kantor Imigrasi:

Cara Perpanjang Paspor Online 2018 Termudah

  1. Kunjungi Website Imigrasi

Pertama, cara perpanjang paspor online adalah dengan mengunjungi website imigrasi di www.imigrasi.go.id. Setelah itu, pilih menu Layanan Publik – Layanan Online kemudian pilihlah Layanan Paspor Online.

  1. Mengisi Formulir

Setelah masuk halaman Layanan Paspor Online, pilih menu Pra Permohonan Personal. Isi semua data yang dibutuhkan dengan benar. Dalam kolom Jenis Permohonan, isi dengan paspor biasa. Sedangkan pada bagian Nomor Paspor Lama sesuaikan dengan keperluan kamu. Jika keperluannya adalah membuat paspor baru, maka tidak perlu diisi, apabila untuk perpanjangan, maka wajib untuk mengisinya. Pilih menu Kantor Imigrasi dengan lokasi terdekat dari domisili. Agar memudahkan kamu saat datang ke kantor imigrasi untuk membawa dokumen yang dibutuhkan. Lalu klik Lanjut.

  1. Verifikasi dan Pembayaran

Setelah selesai mengisi formulir, maka akan muncul informasi Pembayaran dan Konfirmasi Permohonan. Informasi ini akan dikirim ke email yang sudah didaftarkan. Pembayaran tertuju pada Bank BNI baik melalui ATM ataupun datang ke Bank secara langsung. Lakukan pembayaran dengan memasukan nomor permohonan atau kode pembayaran. Setelah itu, lakukan Verifikasi Pembayaran dengan masuk kembali ke halaman website imigrasi.go.id.

  1. Pilih Jadwal untuk Datang Ke Kantor Imigrasi

Cara perpanjang paspor online berikutnya adalah dengan memilih jadwal yang tersedia untuk datang ke lokasi kantor Imigrasi terdekat. Setelah selesai, kamu akan menerima email berisi Tanda Terima Pra Permohonan dari Imigrasi. Jangan lupa cetak dan bawa tanda terima tersebut saat datang ke Kantor Imigrasi yang sudah dipilih.

  1. Datang ke Kantor Imigrasi Sesuai Jadwal

Nah, cara perpanjang paspor online terakhir adalah dengan mengunjungi kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang sudah dipilih, dengan membawa berkas atau dokumen yang dibutuhkan dalam persyaratan termasuk bukti pembayaran.

Antre tetap dibutuhkan untuk mendapatkan giliran Wawancara, Verifikasi Berkas, Pengambilan Biometrik, dan Foto. Pengambilan paspor yang sudah jadi terhitung 3-4 hari kerja setelah proses wawancara dan verifikasi berkas. Atau bisa juga dengan melakukan pengecekan berkala melalui website imigrasi dengan memilih menu Status Pra Permohonan.

Itu dia beberapa cara perpanjang paspor online yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk memerhatikan tata cara dan juga ketentuan lainnya agar proses berjalan dengan lancar. Gimana, gampang kan cara perpanjang paspor online ini?

Syarat Perpanjang Paspor yang Sudah Mati

Selain tentang cara perpanjang paspor online, banyak sekali pertanyaan yang muncul mengenai “apakah kita bisa memperpanjang paspor yang sudah lama mati?” atau pertanyaan lainnya seperti, “Haruskah paspor yang sudah lama mati harus diganti dengan yang baru?”

Paspor yang sudah lama mati pada nyatanya masih dapat diperpanjang di kantor imigrasi terdekat lho, Sobat Tiket, meskipun jangka waktu paspor expired tersebut sudah lebih dari 5 tahun mati. Syarat perpanjang paspor expired tidak berbeda jauh dengan syarat perpanjang paspor yang baru saja expired di tahun ke 5 pembuatannya kok.

Untuk mengetahui apa saja syarat perpanjang paspor expired yang perlu kamu siapkan, berikut ini adalah rinciannya:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Akte Nikah (jika ada)
  4. Buku Nikah (jika ada)
  5. Paspor lama
  6. Materai 6000

Semua dokumen di atas di bawa bersama dengan dokumen aslinya, ya. Alasannya untuk meminimalisir kemungkinan petugas menanyakan kelengkapan dokumen asli tersebut. Soalnya, ketidaklengkapan dokumen dapat menghambat proses perpanjangan dan pastinya akan membuat kamu rugi waktu karena sudah mengantre lama, Sobat Tiket.

Apabila semua syarat perpanjang paspor yang sudah mati telah lengkap, maka kamu akan melakukan proses wawancara dan juga sesi foto. Selama kamu belum mendaftar ulang untuk pembuatan paspor baru, proses akan berjalan dengan lancar. Sedangkan paspor yang telah diperpanjang dapat diambil 3 hari kemudian selama hari kerja.

SUMBER  : tiket.com

Tags: , , , , , , , ,

Related posts

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.




Top