Ini Dia Syarat, Biaya, dan Cara Membuat Paspor Baru Tahun 2019

Ini Dia Syarat, Biaya, dan Cara Membuat Paspor Baru Tahun 2019

Saat akan melancong atau bepergian ke luar negeri, paspor merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki dan dibawa. Tidak punya paspor tentu akan berakibat fatal, sebab perjalananmu sudah pasti akan ditolak oleh pihak imigrasi yang ada di bandara atau pelabuhan.

Apabila punya rencana untuk pergi ke luar negeri tahun ini, kamu bisa segera buat paspor dari jauh-jauh hari. Sekarang, proses dan cara membuat paspor bisa dibilang sudah cukup mudah. Kalau beberapa tahun lalu, membuat paspor identik dengan antrean yang sangat panjang di kantor imigrasi. Bahkan, banyak orang yang rela datang dini hari untuk mengantre. Padahal, kantor imigrasi sendiri baru dibuka sekitar jam 8 pagi.

Untuk mengatasi hal tersebut, saat ini sudah tersedia layanan antrean paspor online untuk semua orang yang ingin membuat paspor. Jadi, sebelum datang ke kantor imigrasi setempat di kota tempat tinggalmu, kamu bisa memanfaatkan layanan ini untuk membuat jadwal pembuatan paspor sekaligus mengambil nomor antrean. Layanan antrean paspor online tersedia dalam bentuk aplikasi, situs, dan WhatsApp. Saat ini, aplikasi layanan antrean paspor online baru tersedia di Google Play Store atau Android.

Lalu, apa saja persyaratan yang dibutuhkan serta proses atau cara membuat paspor baru? Berikut ini adalah ulasannya.

Sebelum mendaftar antrean paspor online, kamu perlu mengetahui dulu dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan dan wajib dibawa ke kantor imigrasi setempat saat akan membuat paspor. Berikut ini adalah rincian dokumen untuk syarat membuat paspor:

  1. e-KTP asli beserta fotokopinya.
  2. Kartu Keluarga asli beserta fotokopinya.
  3. Akta kelahiran, ijazah (SD/SMP/SMA), surat/buku nikah, atau surat baptis asli beserta fotokopinya. Untuk dokumen ini, kamu hanya perlu memilih salah satunya saja, misalnya hanya akta kelahiran. Namun, pastikan pada dokumen tersebut terdapat informasi mengenai nama, tempat & tanggal lahir, serta nama orang tua.
  4. Siapkan materai 6000.

Khusus bagi kamu yang sudah pernah membuat paspor dan berencana membuat paspor untuk anak, jangan lupa juga untuk membawa paspor asli kamu beserta surat/buku nikah. Pembuatan paspor wajib menggunakan e-KTP asli. Jika e-KTP kamu sudah diurus namun belum juga diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka kamu perlu membawa surat keterangan atau rekomendasi dari disdukcapil.

Saat ini, kamu sudah tidak bisa datang langsung ke kantor imigrasi dan mengantre secara manual. Semua proses pengambilan nomor antrean pembuatan paspor baru harus dilakukan secara online. Kamu bisa memilih salah satu media layanan antrean online yang tersedia: aplikasi, situs, atau chat dengan layanan imigrasi setempat via WhatsApp. Berikut ini adalah tahapan-tahapannya.

Catatan Penting: Pendaftaran antrean paspor online hanya berlaku untuk pembuatan paspor baru dan perpanjangan. Tidak berlaku untuk paspor hilang/rusak/perubahan identitas.

Cara Daftar Antrean Online dan Membuat Paspor Baru lewat Aplikasi

  1. Khusus bagi kamu pengguna ponsel Android, kamu perlu download aplikasi “Antrian Paspor” di Google Play Store. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan langsung oleh Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian Indonesia.
  2. Pastikan kuota internet kamu cukup untuk download aplikasi antrean paspor. Kalau sudah tipis, kamu bisa kok isi data internet atau pulsa lewat Sepulsa.com.
  3. Buka aplikasi dan daftarkan diri kamu sesuai dengan formulir yang tersedia. Mulai dari membuat username dan password, mengisi nama, NIK, nomor hp, email, hingga alamat lengkap.
  4. Setelah mengisi formulir dengan lengkap, selanjutnya pendaftaran akun kamu akan diverifikasi melalui email.
  5. Setelah diverifikasi, kamu bisa langsung login ke akunmu menggunakan email dan password yang sudah dibuat.
  6. Setelah login, pilih wilayah kantor imigrasi yang paling dekat dengan tempat tinggalmu.
  7. Selanjutnya, isi data permohonan antrean paspor, mulai dari tanggal yang diinginkan untuk pembuatan paspor, jam, hingga jumlah pemohon.
  8. Setiap kantor imigrasi memiliki kuota harian untuk pengajuan pembuatan paspor. Jadi, pastikan bahwa pengajuan antrean paspormu sudah disetujui dan masuk kuota harian sesuai tanggal yang dipilih.
  9. Apabila sudah disetujui, kamu bisa datang langsung ke kantor imigrasi yang sudah dipilih sesuai tanggal dan jam yang kamu ajukan di aplikasi.
  10. Tunjukkan kode booking atau QR Barcode yang ada pada akunmu kepada petugas admin atau resepsionis yang ada di kantor imigrasi.
  11. Petugas kemudian akan memberikan kamu kertas atau bukti cetak antrean yang berisi nomor urut panggilan pembuatan paspor.

Ketentuan Mendaftar Antrean Online Pembuatan Paspor via Aplikasi

  1. Di dalam satu akun atau aplikasi, kamu bisa mendaftar antrean untuk lima orang sekaligus.
  2. Lima orang ini adalah yang termasuk dalam anggota keluarga inti seperti bapak/ibu, suami/istri, anak, dan diri sendiri.
  3. Di luar daripada itu, antrean tidak bisa diajukan secara berasma-sama atau kolektif.
  4. Aplikasi Antrian Paspor dapat digunakan untuk pembuatan paspor di beberapa kantor imigrasi berikut ini:
  1. Khusus kamu yang nggak bisa mengunduh atau menggunakan aplikasi, silakan akses situs https://antrian.imigrasi.go.id melalui desktop atau mobile browser di ponsel kamu.
  2. Klik opsi pendaftaran di pojok kanan bawah kolom yang tersedia.
  3. Kemudian, isi data diri untuk mendaftar.
  4. Selanjutnya, ikuti tahapan pendaftaran yang tertera pada situs. Prosesnya kurang lebih sama dengan yang ada pada aplikasi.
  5. Apabila pendaftaran sudah disetujui sesuai tanggal dan jam pembuatan paspor yang dipilih, maka simpan kode booking atau QR Barcode yang tertera pada situs.
  6. Tunjukkan kode booking atau QR Barcode yang kamu dapat pada petugas admin atau resepsionis ketika datang ke kantor imigrasi.

SUMBER  : sepulsa.com

Tags: , , , , , , , , , ,

Related posts

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.




Top