Membuat Paspor Umroh Ini Tips Cara Mudahnya

Masa Berlaku Paspor Kurang dari 6 Bulan, Bisakah ke Luar Negeri

Masa Berlaku Paspor Kurang dari 6 Bulan, Bisakah ke Luar NegeriMembuat Paspor Umroh Ini Tips Cara Mudahnya

MEMBUAT PASPOR | Tips Cara Membuat Paspor Umroh | Untuk melakukan perjalanan ibadah umroh ke tanah suci, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memiliki peraturan bagi orang-orang yang ingin masuk ke kerajaan Arab Saudi yakni harus memiliki paspor.

Paspor bisa didapatkan di Kantor Imigrasi dan melalui beberapa prosedur. Untuk pengajuan permohonan paspor, pemohon dapat langsung mengajukan permohonan Membuatan paspor ke Kantor Imigrasi di wilayah masing-masing dengan syarat yang telah ditentukan.

Ada 2 Cara Dalam Pembuatan Paspor Umroh Yaitu :

Pertama, Datang Langsung ke kantor imigrasi

Sebelum mengajukan permohonan membuat paspor umroh, Anda perlu mempersiapkan dokumen persyaratan secara lengkap, diantaranya :

– KTP WNI ASLI dan foto copynya 1 lembar.
– Kartu Keluarga ASLI dan foto copynya 1 lembar.
– Akte Kelahiran/Surat Nikah/ Ijazah ASLI dan foto copynya 1 lembar.
– Paspor lama ASLI (untuk permohonan perpanjangan paspor) dan foto copynya 1 lembar.
– Materai Rp. 6000 dan alat tulis untuk mengisi formulir.
– Untuk pengajuan permohonan paspor bagi anak yang berumur dibawah 17 – tahun atau belum memiliki KTP, maka diperlukan fotokopi KTP orang tua – serta kartu keluarga.
– Surat pengantar/ Surat rekomendasi dari travel umroh yang menyatakan – bahwa kita akan menunaikan ibadah umroh.

Proses membuat paspor umroh ini biasanya memakan waktu sekitar satu minggu dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:

– Mengisi formulir permohonan pembuatan paspor
– Foto dan wawancara
– Pengambilan paspor

Kedua, Membuat Paspor Secara Online

Anda dapat melakukan pendaftaran secara online dengan mengakses website resmi imigrasi di www.imigrasi.go.id kemudian pilih layanan membuat paspor online dan klik pra permohonan paspor.

Tentukan kantor imigrasi, waktu dan tanggal yang hendak didatangi untuk proses pemohonan paspor tersebut. Yang perlu diketahui jika Anda datang diluar tanggal yang ditentukan, maka permohonan membuat paspor secara online yang sudah Anda lakukan tidak dapat dilanjutkan dan perlu diulang kembali.

Setelah data yang diinput sudah lengkap, Anda akan mendapatkan bukti formulir (bentuk pdf) yang harus Anda cetak sebagai bukti telah melakukan permohonan membuat paspor secara online. Kemudian datang ke kantor imigrasi di hari yang sudah ditentukan ketika mengisi formulir permohonan paspor secara online.

Untuk pengambilan paspor, anda dapat mengambil sendiri atau diwakilkan dengan surat kuasa dengan syarat terdapat bukti pembayaran dan bukti dokumen permohonan pengajuan paspor seperti Kartu Keluarga.

SUMBER  : wesaltravel.id

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.




Top