Panduan Naik Pesawat Internasional untuk Pertama Kali. Penting Buat yang Mau ke Luar Negeri

Panduan Naik Pesawat Internasional untuk Pertama Kali. Penting Buat yang Mau ke Luar Negeri

Panduan Naik Pesawat Internasional untuk Pertama Kali. Penting Buat yang Mau ke Luar NegeriPanduan Naik Pesawat Internasional untuk Pertama Kali. Penting Buat yang Mau ke Luar Negeri

Liburan ke luar negeri kini sudah menjadi gaya hidup generasi milenial. Minimal traveling ke negara tetangga lah, sebut saja Singapura atau Malaysia. Untuk kamu yang usianya 20-an dan belum pernah naik pesawat ke luar negeri sayang banget sih. Kenapa kok sayang? Hal ini dikarenakan akses ke luar negeri makin mudah dan murah. Kalau dulu naik pesawat bisa seharga puluhan juta, kini 100 ribu saja bisa kok. Kalau dulu ke mana-mana mesti bikin visa, sekarang banyak kok yang kasih bebas visa. Hayo apalagi yang bikin kamu belum pergi ke luar negeri?

Nah Hipwee Travel mau kasih panduan nih buat kamu yang mau naik pesawat dengan tujuan luar negeri. Buat yang udah pernah sih mungkin nggak masalah ya. Tapi pembaca Hipwee yang masih takut-takut terbang ke luar negeri, semoga panduan ini sedikit membantu perjalananmu.

Pra keberangkatan. Siapkan paspor dan visa terlebih dahulu. Jangan lupa itinerary perjalanan di sana

Sebelum kamu ke luar negeri untuk pertama kali, satu hal yang kamu perhatikan adalah masa berlaku paspor. Paspor yang akan habis dalam 6 bulan ke depan tidak bisa digunakan. Jika syarat ke negara tujuan harus menggunakan visa, maka kamu perlu membuat visa jauh-jauh hari. Khusus negara ASEAN kamu bisa masuk tanpa visa.

Selain itu, ada baiknya kamu bikin itinerary perjalanan terlebih dahulu. Mau berapa hari di sana, menginap di mana, dan juga mau berkunjung ke destinasi apa saja? Risetlah terlebih dahulu berbagai macam hal yang belum kamu ketahui di sana. Jangan sampai kamu bingung ketika sampai bandara.

Datang setidaknya 2 jam sebelum penerbangan, kalau punya bagasi 3 jam sebelum lebih baik

Untuk penerbangan internasional, setidaknya kamu sudah datang 2-3 jam sebelum penerbangan. Hal ini dikarenakan ada keperluan imigrasi. Selain itu di bandara-bandara besar seperti di Jakarta, Kuala Lumpur atau Singapura, keberangkatan internasional biasanya cukup jauh jaraknya dari tempat check in. Untuk itu sebaiknya kamu datang 2 jam sebelum pesawat berangkat jika tanpa bagasi dan 3 jam sebelum jika dengan bagasi. Jangan sampai ketinggalan karena datang mepet seperti penerbangan domestik.

Masuk ke terminal yang tercantum di tiket yang sudah kamu beli, kemudian check in di konter yang tersedia sesuai maskapai yang kamu gunakan

Ketika kamu akan masuk ke bandara, tentu kamu akan dicek oleh petugas keamanan bandara. Barang yang kamu bawa akan discreening dan jaket, HP serta tas kamu harus masuk screening. Nggak beda jauh sama penerbangan domestik, penerbangan internasional juga mengharuskan untuk check in dan masukin bagasi. Setelah itu kamu akan masuk ke imigrasi. Nah, imigrasi inilah yang membedakan dengan penerbangan domestik. Di imigrasi, paspor kamu akan dicek kemudian dicap oleh petugas. Kalau dari Indonesia sih aman-aman saja. Kalau di luar negeri, belum tentu kamu bisa melenggang dengan mulus. Hehehe.

Kemudian kamu akan kembali menemui petugas untuk pemeriksaan keamanan tahap kedua. Nah di sini kamu harus melepas semua peralatanmu yang mengandung logam, seperti jam tangan, HP, dompet, ikat pinggang, topi dan bahkan bisa jadi sepatu (yang mengandung logam). Jangan bawa benda tajam seperti gunting atau pisau lipat. Jangan bawa cairan lebih dari 100 ml, bahkan cuma botolnya sekalipun. Benda tajam dan cairan seperti itu dilarang masuk kabin. Masuk bagasi sih boleh saja. Satu lagi, powerbank tidak boleh lebih besar dari 10000 mAH.

Sampai di ruang tunggu, tunggu panggilan boarding dan gate-nya. Selamat terbang

Kalau kamu sudah melewati pemeriksaan keamanan 2, kamu berarti bisa langsung ke ruang tunggu. Perhatikan panggilan dari petugas dan ingat nomer penerbangan kamu. Jangan sampai malah nggak tau kalau penerbangan sudah berangkat. Biar aman dekatilah salah satu petugas dan tanyakan pesawatmu delay atau nggak. Ya buat alasan aja kalau ruang tunggu yang kamu tempati sekarang benar untuk penerbanganmu. Di bandara besar, biasanya tiap pesawat punya ruang tunggunya sendiri.

Di pesawat, tidak banyak yang berbeda. Kamu tinggal masuk dan memilih lokasi sesuai seat kamu. Mintalah seat A atau F saat check in agar mendapat view jendela

Masuk pesawat, tersenyumlah dan sapa awak kabin dan duduklah sesuai seat yang telah tercantum di boarding pass. Sebelumnya, taruh tas kamu di bagasi kabin. Dengarkan instruksi keselamatan, kenakan sabuk pengaman, matikan HP, dan berdoalah sebelum berangkat. Nggak beda lah dengan penerbangan domestik.

Nah saat sudah sampai, kamu akan masuk ke terminal kedatangan dan kembali bertemu petugas imigrasi. Bahasa Inggris basic diperlukan ya

Sesampainya di bandara luar negeri, kamu harus segera menuju imigrasi untuk mendapat cap dan izin tinggal. Kalau bebas visa sih enak ya. Tinggal datang, dapat cap deh. Tapi hati-hati ya kalau kamu nggak bisa bahasa Inggris. Bisa-bisa kamu dicurigai dan kena random check. Di Singapura saja turis Indonesia saja sering kena random check. Nantinya kamu akan dibawa ke ruangan khusus, diinterogasi, ditanya hotel, tiket balik, bahkan kalau apes bisa dicek HP dan dompet kamu. Banyak pula kasus turis Indonesia yang harus pulang balik karena tidak lolos imigrasi. Itulah pentingnya bahasa Inggris walau standar saja.

Kalau lolos dari imigrasi, tujuan kamu selanjutnya adalah mencari transportasi menuju hotel. Sebaiknya kamu sudah riset jenis transportasi dan harganya biar nggak bingung di bandara.

Nah, segitu dulu ya panduan naik pesawat tujuan internasional yang penting kamu ketahui. Ya semoga saja kamu bisa segera liburan ke luar negeri ya. Tahun 2019 liburan ke mana?

SUMBER : hipwee.com

Tags: , , , , , , , ,

Related posts

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.




Top