Paspor Hilang saat Traveling di Luar Negeri? Ini Solusinya!

Paspor Hilang saat Traveling di Luar Negeri? Ini Solusinya!

Liburan menyenangkan bisa dalam sekejap berubah menjadi mimpi buruk jika benda penting hilang. Apalagi kalau kehilangan saat traveling ke luar negeri. Handphone, koper, dompet, dan yang paling buruk adalah kehilangan paspor. Entah Anda lupa meletakkannya di suatu tempat, terjatuh, atau mungkin tas Anda dijambret saat berada di tengah keramaian. Dalam situasi seperti ini tentu saja Anda otomatis panik. Namun, panik tak akan menyelesaikan masalah, bukan? Sebaiknya Anda tenangkan diri dan lakukan langkah-langkah ini ketika paspor hilang.

Lapor ke Kantor Polisi Terdekat

Cari kantor polisi terdekat dan laporkan paspor Anda yang hilang. Polisi akan memberikan formulir yang harus diisi dengan data diri lengkap. Tak hanya itu, Anda juga akan diminta untuk menceritakan kembali kronologi paspor hilang tersebut secara detail. Ingat ya, ceritakan sedetail mungkin baik paspor Anda tertinggal, jatuh, maupun dicuri.

Hubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)

Usai dari kantor polisi, urusan Anda belum selesai. Anda harus segera menghubungi pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk melaporkan paspor hilang Anda. Supaya tidak kesulitan, sebaiknya hubungi KBRI ketika Anda masih berada di kantor polisi agar ketika ada kesulitan, pihak kepolisian bisa langsung membantu Anda. Selepas itu cari tahu alamat KBRI setempat dan pergilah ke sana untuk mendapatkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang berfungsi sebagi paspor sementara. SPLP ini punya kedudukan hukum yang sama dengan paspor namun masa berlakunya tidak lama tergantung negara tempat Anda berkunjung.

  1. Kartu identitas kewarganegaraan Anda yang terdiri dari: KTP, Akta kelahiran atau buku nikah, Kartu Keluarga.
  2. Surat keterangan hilang dari kepolisian.
  3. Fotokopi paspor jika Anda memilikinya.
  4. Formulir permohonan SPLP yang sudah diisi lengkap dan Anda tandatangani.
  5. Pasfoto dengan ukuran paspor berlatar belakang warna terang.
  6. Membayar biaya SPLP senilai USD5 (harga ini sudah ditetapkan di beberapa negara).

Semua persyaratan ini harus Anda bawa ke KBRI. Proses pembuatannya tergantung pada KBRI masing-masing negara. Jika beruntung bisa selesai satu hari, namun ada juga yang selesai setelah beberapa minggu. Perhatikan, penerbitan SPLP akan sangat lama jika Anda tidak bisa menunjukkan kartu identitas dan status kewarganegaraan.

Lapor Diri

Ada baiknya jika begitu tiba di negara tujuan, Anda langsung menuju KBRI dan melakukan Lapor Diri. Hal ini sangat dianjurkan untuk Anda yang berkunjung ke suatu negara lebih dari satu minggu. Anda cukup menunjukkan paspor serta dua buah pas foto berukuran paspor dengan latar warna terang, kemudian mengisi dan menandatangani formulir. Petugas KBRI nantinya akan memberikan cap Lapor Diri pada paspor. Fungsi Lapor Diri ini untuk memudahkan KBRI membantu Anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti paspor hilang. Karena data Anda sudah tercantum di KBRI, SPLP pun akan lebih cepat terbit. Bahkan ketika Anda mengalami musibah, KBRI pun dapat dengan mudah memberi bantuan dan menghubungi keluarga.

Mengurus Kehilangan Paspor

Dengan dikeluarkannya SPLP, Anda bisa sedikit bernapas lega dan kembali bersenang-senang. Ingat ya, begitu Anda pulang ke Indonesia, segeralah mengurus paspor hilang Anda ke kantor imigrasi terdekat.

SUMBER  : futuready.com

Tags: , , , , , , , ,

Related posts

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.




Top